Tiga Tim Robot ITS Siap Rebut Juara Dunia

Home / Kontes Robot / Tiga Tim Robot ITS Siap Rebut Juara Dunia

Tiga karya besar mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali siap berlaga di level internasional. Tim Kontes Robot Indonesia, Tim Ichiro, dan Tim Roboboat Nala V dilepas secara resmi Jumat (16/6) kemarin, oleh Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD.

Bertempat di Gedung Pusat Robotika ITS, Joni mengaku sangat bangga dengan para mahasiswa yang hadir. “Kita tahu bahwa ITS merupakan salah satu poros robotik di Indonesia, saya bangga kalian tidak berhenti pada pencapaian-pencapaian sebelumnya,” ungkap Joni dalam sambutannya.

Pencapaian tersebut diantaranya adalah Juara 3 AUVSI 9th Roboboat Competition, Juara 1 Deconbotion 2015, dan Juara 1 Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2016 oleh Tim Nala V, serta Juara Umum FIRA Humanoid Robot Cup 2016 di Tiongkok oleh Tim Ichiro.

Sementara semua perwakilan tim Kontes Robot Indonesia (KRI) yaitu Robot Abu, Robot Pemadam Api, Robot Sepakbola, dan Robot Tari berhasil menyabet semua penghargaan pada ajang Kompetisi Robot Indonesia Regional IV, Mei lalu.

Robot Ichiro ITS
Robot Ichiro ITS

“Saat kalian berlaga di luar Indonesia, maka kalian sudah menjadi duta negara. Karena di pundak saudara bukan hanya nama ITS, tetapi juga nama Indonesia,” ungkap Guru Besar di Departemen Teknik Lingkungan ini.

Tim KRI, Tim Ichiro, dan Tim Barunastra Nala V masing-masing akan berlaga di Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat Nasional di Bandung, Fira Huro Cup 2017 di Taiwan, dan AUVSI 10th International Roboboat Competition di Amerika Serikat.

Joni pun optimistis mahasiswanya dapat meraih hasil terbaik saat berlaga. Menurutnya mahasiswa ITS mempunyai kemampuan yang setara dengan pelajar-pelajar lain di seluruh dunia. “Dengan perjuangan, persiapan, dan doa Insya Allah akan dapat mencapai hasil yang terbaik,” lanjut Joni.

Tak lupa, pria yang telah dua tahun menjadi orang nomor satu di ITS ini pun mengucap rasa terima kasih kepada seluruh anggota tim yang rela berjuang membawa nama ITS. Khususnya kepada tim Barunastra, mengingat momen lomba Roboboat bertepatan dengan Bulan Ramadhan. Joni sangat mengapresiasi para anggota tim yang rela melewatkan lebaran bersama keluarga untuk berkompetisi membawa nama Indonesia.

“Jangan lupa jaga kesehatan dan jangan anggap ini sebagai beban, melainkan tantangan untuk menuju tingkatan berikutnya,” pesannya kepada seluruh anggota tim. Usai acara pelepasan tersebut, Joni turut berkesempatan menyaksikan langsung demonstrasi kelima tim dari KRI, Robot Ichiro, serta Roboboat Barunastra di Gedung Pusat Robotika ITS. (saa/mis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *